Kupat Tahu Favorit

Setelah ngobrol dengan keluarga di Jogja hari ini, tiba-tiba saja saya ingin mencoba membuat Kupat Tahu. Summer tahun lalu sewaktu mengunjungi keluarga di Jogja saya memang sering di ajak istri menikmati Kupat Tahu. Menurut dia menu ini yang sering rombongan teman kantornya pilih setelah melakukan perjalanan dinas bersama, karena rata-rata semua orang bisa menyantapnya alias tanpa pantangan diet.

Menurut saya Kupat Tahu Termasuk menu yang sehat juga cocok untuk yang tidak bisa mengkonsumsi daging. Selain rendah kolesterol juga kaya protein dan anti oksidan. Lihat saja ingredients-nya, ada toge yang dikenal sebagai sumber vitamin E dan anti oksidan. Tahu dan kacang yang kaya akan protein, begitu juga dengan telur yang saya tambahkan disini. Serta bawang putih yang telah dikenal sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Untuk menjaga menu ini tetap sehat, usahakan untuk menggoreng bahan-bahannya dengan minyak goreng yang masih baru serta cuci bersih bahan-bahan yang akan dimasak. Hindari merebus toge atau kol terlalu lama untuk menjaga kondisinya tetap segar dan kandungan vitaminnya tidak rusak atau larut dalam air.

Di Jogja saat ini banyak bermunculan rumah makan yang menawarkan menu tunggal Kupat Tahu dengan berbagai variasinya. Saat masih kuliah dulu tahun 90-an Kupat Tahu belum begitu populer, saat itu yang lebih dikenal adalah Nasi Pecal (jawa: Sego Pecel) atau sering dikenal dengan “Indonesian Salad in Spicy Peanut Sauce”, menu yang menurut saya juga sehat. Bagi yang ingin memulai usaha rumah makan, menu Kupat Tahu bisa dijadikan andalan.

Okelah tanpa berpanjang lebar, setelah melakukan literature review, observasi lapangan serta beberapa percobaan imaginer, modifikasi dan masukan dari istri, berikut resep Kupat Tahu favorit saya tersebut.

BAHAN :
8 potong tahu putih kecil
3 lembar kol, iris tipis-tipis
50 gram toge siangi
4 buah ketupat
4 buah telur, goreng ceplok atau rebus
150-200 gram kacang goreng, haluskan
minyak untuk menggoreng secukupnya

Saus :
350 ml air
1 sdm air jeruk nipis/cuka masak atau air asam
90-100 ml kecap manis
2 sdt gula jawa atau secukupnya
6 siung bawang putih
10 cabai rawit merah
1 sdt garam

Taburan :
bawang goreng, irisan seledri dan kacang goreng yang ditumbuk kasar

Pelengkap :
kerupuk udang

CARA MEMBUAT :

  1. Saus : didihkan air, masukkan air jeruk nipis, kecap manis dan kacang goreng yang telah dihaluskan, tambahkan garam dan merica bubuk, masak hingga mendidih dan mengental, angkat.
  2. Goreng tahu hingga kematangan yang dikehendaki, angkat dan potong-potong. Bisa juga dengan memotongnya kecil-kecil terlebih dahulu baru di goreng.
  3. Toge dan kol rebus sebentar, angkat dan tiriskan. Atau cukup di siram dengan air panas sampai layu.
  4. Siapkan pinggan, haluskan bawang putih dan cabai rawit secukupnya di pinggan. Bawang putih bisa juga langsung dimasukkan kedalam saus, hanya saja aroma bawang akan sedikit berkurang. Sedangkan cabe rawit bisa langsung disediakan dalam bentuk yang sudah dihaluskan. Tata kupat, tahu goreng, telur ceplok/rebus, kol dan toge, tuangkan saus diatasnya taburi dengan kacang goreng, bawang goreng, seledri dan kerupuk.
  5. Sajikan hangat.

Untuk : 4 orang

[Agung Nugroho]

Referensi:
http://www.indosiar.com/v2/lifestyle/resep_read.htm?id=1565
http://v-recipes.blogspot.com/2006/03/kupat-tahu-bandung_30.html

~ by giantrangkong on February 26, 2008.

2 Responses to “Kupat Tahu Favorit”

  1. HUhahahhahahahahhhhhhhha…. kok ora ngundang aku makan sih Gung??? MEnyebalkann

  2. Ninik, namanya juga percobaa imaginer, ngundangnya juga imaginer he he he. Sebetulnya dah mo kubawa untuk potluck tapi gak pede, jadilah kumakan sendiri aja. Lain kali aja ya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: