Tersangka Pembalakan Liar di Riau Belum Ditahan

PEKANBARU–MIOL: Jajaran Polda Riau belum menahan sejumalah tersangka direksi PT Arara Abadi dan dua mantan Kepala Dinas Kehutanan Riau dalam kasus illegal logging. Polisi masih butuh bukti pendukung untuk menahan tersangka.

Polisi sudah menetapkan mantan Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Riau Asral Rachman dan Sudirno sebagai tersangka dalam kasus dugaan illegal logging. Polda juga menetapkan tiga direktur perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Arara Abadi (AA) sebagai tersangka. Mereka John F Pandelaki, Didi Harsa, Subarjo, dan dan seorang General Manjernya Edi Haris.

Kapolda Riau Brigjen Sutjiptadi kepada Media Indonesia dan Metro Realitas, Sabtu, (21/7) mengatakan tak ingin buru-buru menahan para tersangka karena masih perlu bukti pendukung sebelum berkas diserahkan kepada jaksa. Namun kapolda tidak merinci bukti yang dibutuhkan untuk menahan tersangka.

“Kami khawatir bila ditahan, para tersangka dapat lepas kembali karena masa penahanan dari polisi cuma 20 hari habis. Bila nanti berkas mereka sudah dinyatakan lengkap oleh kejaksaan, maka akan segera ditahan,” kata

Sutjiptadi.

Para direksi PT AA dijadikan terangka karena diduga melanggar ketentuan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dan studi kelayakan areal HTI. Polisi juga sudah menyita di antaranya sebanyak 1.665 batang kayu gelondongan milik perusahaan dan satu unit eskavator.

Polisi membidik para tersangka ini karena diduga melanggar Pasal 41, 42 dan 46 Undang undang No 23 tahun 1997 tentang Lingkungan Hidup.

Asral Rachaman dan Sudirno dijadikan tersangka karena diduga terlibat dalam mengeluarkan perizinan bidang kehutanan yang tidak sesuai ketentuan. Seperti Izin Penebangan Kayu (IPK) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) pebangan kayu terhadap sejumlah perusahan.

Penulis: bg@mediaindonesia.co.id

~ by giantrangkong on October 2, 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: